Rabu, 10 Oktober 2012

5 Letusan Gunung Berapi Paling Menakutkan Di Dunia


By on 18.57

Ada banyak letusan gunung berapi yang terjadi di planet ini yang berakibat buruk bagi kehidupan. Bahkan bisa menyebabkan peradaban hancur karena letusan gunung berapi ini. Namun apa boleh buat ini merupakan kekuasaan Allah SWT. Dimana kita tidak bisa menolaknya.

Dari beberapa letusan yang pernah terjadi di dunia ini, ada beberapa letusan gunung berapi paling menakutkan di dunia, termasuk letusan gunung berapi yang pernah terjadi di Indonesia. Berikut lima letusan gunung berapi paling menakutkan di dunia.

1. Gunung Tambora, Indonesia

Sumber: Boldsky
Letusan gunung berapi ini merupakan letusan paling buruk dalam sejarah dunia. Letusan ini menewaskan sekitar 92.000 orang. Awan panas dan abu yang dihasilkan oleh letusan ini menjadi salah satu penyebab banyak orang yang tewas dalam bencana alam ini.

2. Gunung Pelee, Prancis

Sumber: Boldsky
Gunung ini meletus dan menghancurkan Kota St. Pierre beserta 30.000 warga pada tahun 1902. Letusan gunung ini tercatat sebagai salah satu letusan gunung terbesar yang menimbulkan banyak korban jiwa selain letusan Gunung Krakatau dan Gunung Tambora di Indonesia.

3. Gunung Laki, Islandia

Sumber: Boldsky
Gunung ini sebenarnya tidak meletus, namun gunung ini membuka celah di sisi gunung, sehingga celah tersebut menyebabkan keluarnya lava, awan panas, asam fluorida beracun dan sulfur dioksidasi yang dapat membunuh penduduk dan hewan-hewan. Akibatnya, setelah letusan, kelaparan pun terjadi dimana-mana.

4. Gunung Vesuvius, Italia

Sumber: Boldsky
Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Daratan Eropa yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia. Kota Pompeii dan Herculaneum hancur akibat letusan gunung ini. Orang yang tewas akibat letusan ini sekitar 10.000 hingga 25.000 orang.

5. Gunung Krakatau, Indonesia

sumber: Boldsky
Selain letusan Gunung Tambora, letusan Gunung Krakatau yang ada di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra, Indonesia menjadi letusan paling menakutkan di dunia. Karena letusan yang sangat dahsyat, sampai menyebabkan tsunami yang besar dan awan panas yang menewaskan sekitar 36.000 jiwa.

Suara letusan Gunung Krakatau terdengar sampai di Alice Springs, Australia. Bahkan daya ledaknya mencapai 30.000 kali bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

1 komentar:

  1. Gunung meletus? selain karena memang kehendak alam juga dapat membawa bencana bagi orang lain

    BalasHapus