Selasa, 10 Juli 2012

Diet Otak : Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi, Mood Dan Kewaspadaan


By on 10.24

KESEHATAN - Makanan tertentu dapat melatih otak sementara, yang lain membuat kita merasa lesu. Ini bukan hanya sebuah mitos karena setiap asupan makanan mempengaruhi neurotransmitter, bahan kimia yang ada di otak yang berfungsi sebagai pembawa pesan dari otak ke seluruh tubuh.

Dengan demikian, kebutuhan untuk diet berkualitas untuk memberi makan otak dan memungkinkan pusat kecerdasan manusia untuk tampil maksimal. Kegagalan untuk melakukan hal ini berdampak banyak, terutama perempuan, merasa kurang tidur meski cukup istirahat dan perubahan suasana hati tanpa dipicu oleh PMS.

Fakta 1 : otak kita beratnya kurang dari 1,5kgs. Fakta 2 : otak memakan waktu sampai 20% dari nutrisi harian kita. Bila Anda merasa suram, mungkin otak Anda mencoba membantu Anda untuk memberitahu Anda telah mengkonsumsi terlalu banyak kripik, kentang goreng, atau makanan tidak sehat lainnya.

1. Penguat Kosentrasi
Semakin banyak oksigen yang dikirim ke otak, akan sangat menguntungkan untuk tingkat konsentrasi kita. Untuk melakukannya, kita perlu memastikan tubuh kita tidak pernah kehabisan kalori setiap saat pada siang hari, satu lagi alasan mengapa kita harus mengkonsumsi porsi makanan yang lebih kecil 3-5 kali sehari.

Makan : Omega-3 dari minyak ikan, telur susu, dan oatmeal.

2. Pengangkat Suasana Hati
Suasanai hati kita mencerminkan 3 macam neurotransmiter di otak : dopamin, serotonin, norepinefrin. Semakin tinggi tingkat dari mereka neurotransmiter, lebih bersemangat, dan berenergi yang kita rasakan. Gula dan makanan berlemak langsung meningkatkan dopamin, terlalu banyak dopamin dapat menyebabkan tingkat energi kita untuk secara signifikan menurun setelah itu. Karbohidrat memiliki efek yang sama seperti untuk melepaskan serotonin lagi yang membuat kita merasa tenang, tetapi jika lebih mungkin menyebabkan kita merasa mengantuk. Alkohol juga menyebabkan euforia serupa, di mana terlalu banyak alkohol menyebabkan mabuk.

Makan : pisang sebagai sumber karbohidrat yang baik, ditambah gula, kacang edamame untuk cemilan, daging asap, ditambah telur di pagi hari untuk menjamin produksi serotonin yang tepat.

3. Menambah Kewaspadaan
Agar tetap waspada, suatu reseptor tertentu di otak harus diikat untuk memungkinkan sistem untuk bekerja lebih cepat dan efektif. Bersukacitalah, pecinta kafein! Sejumlah kecil kafein telah terbukti meningkatkan kewaspadaan, meskipun terlalu banyak dapat menyebabkan Anda merasa cemas.

Makan dan minuman : espresso tunggal per hari, alpukat, brokoli dan lemon.

4. Memori
Otak kita ingat ketika merasa lebih bersemangat. Satu kunci yang menyebabkan kegembiraan adalah asetilkolin.

Makan : telur, hati, kedelai, kembang kol, dan brokoli.

(foto : venusbuzz)

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar