Rabu, 04 Juli 2012

5 Cara Melindungi Komputer Saat Pergi Berlibur


By on 22.01

Blazer Blog, Travelling - Melindungi komputer saat pergi berlibur juga tak kalah penting untuk Anda perhatikan dengan baik-baik, dan berikut informasi mengenai cara melindungi komputer saat pergi berlibur yang dikutip dari BritaSatu.

Berdasarkan laporan FBI, kejahatan cyber menginjeksi komputer Anda melalui jaringan Wi-Fi di hotel. Hal tersebut tidak perlu Anda khawatirkan ketika sedang berlibur. Karena itu, berikut 5 cara melindungi komputer Anda saat pergi berlibur.

1. Jangan Meng-Update Software Menggunakan Wi-Fi Hotel
Sebelum Anda pergi, pastikan sistem operasi dan software komputer Anda sudah yang paling baru. Ketika di hotel, jangan pernah meng-update software Anda melalui Wi-Fi walaupun selalu diminta. Karena proses update itu bisa menjadi pintu masuk virus untuk memonitor semua aktivitas di komputer Anda, termasuk melihat password yang diketik di komputer. Beberapa virus bahkan dapat menghidupkan webcame sehingga dapat merekam aktivitas di dalam kamar hotel.

2. Pastikan Komputer Anda Memiliki Antivirus
Walaupun ini bukan jaminan komputer Anda terbebas dari virus ketika liburan, setidaknya Anda sudah memiliki antivirus di komputer Anda. Akan lebih baik jika anda meng-update antivirus sebelum meninggalkan rumah.

3. Buat Data Cadangan Sebelum Meninggalkan Rumah
Untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu di komputer Anda ketika berlibur, pastikan Anda menyalin semua data di komputer ke hard disc eksternal sebelum pergi meninggalkan rumah. Dengan begini Anda tidak perlu panik jika komputer Anda rusak atau hilang dicuri ketika berlibur.

4. Pastikan Jaringan Internal Terenkripsi Dengan WPA2
Paling baik adalah Anda menggunakan Wi-Fi yang sudah dienkripsi dengan WPA2. Bagaimana cara mengetahuinya? Biasanya, ketika terhubung dengan jaringan yang terenkripsi, Anda harus memasukan password, dan kemudian software komputer Anda akan menentukan apakah jaringan yang terhubung sudah terenkripsi WEP, WPA, atau WPA2. Dengan menggunakan jaringan terenkripsi, data yang berada selama browsing internet tidak akan mudah dicuri.

5. Selalu Amankan Komputer Anda
Jika kamar hotel memiliki tempat penyimpanan yang aman, taruh komputer Anda di tempat itu. Jika Anda berencana membawa komputer selama berpergian di dalam mobil, letakan komputer di bagasi sebelum Anda keluar rumah, jangan ketika Anda berada di parkiran restoran atau kafe karena para pencuri mengetahui letak Anda menyimpan barang berharga.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar