Minggu, 24 Juni 2012

Cara Memotong Bawang Tanpa Mengeluarkan Air Mata


By on 06.45

Blazer Blog, Food - Saat memotong bawang mata terasa pedas dan sering mengeluarkan air mata, hal itu disebabkan oleh gas yang dikeluarkan bawang saat dipotong. Lalu gimana cara mengatasinya, bawang merupakan bumbu yang utama dalam membuat sebuah masakan?

Seperti yang dikatakan tadi gas yang dikeluaran bawang bisa membuat mata pedas dan mengeluarkan air mata, tapi itu dapat dicegah dengan beberapa cara, dan berikut beberapa caranya yang dikutip dari BeritaSatu.

1. Tak Perlu Menggunakan Tangan
Potong-potonglah bawang di dalam alat penghalus makanan. Pastikan untuk tidak terlalu lama memproses bawang, dan tunggu beberapa detik sebelum membuka penutup alat pemroses makanan sampai gas dari bawang cukup tenang dan tidak menguar sehingga tidak membuat mata pedas.

2. Dinginkan bawang.
Simpan bawang di dalam lemari pendinging, atau di dalam bagian freezer di lemari es selama beberapa menit sebelum memotong-motongnya. Meski bawang tidak perlu didinginkan, bawang dingin tetap bisa membuat air mata menetes meskipun tidak terlalu banyak seperti ketika bawang dipotong-potong dalam keadaan segar.

3. Siram dengan air.
Potong-potonglah bawang di bawah siraman air dingin untuk menyingkirkan gas yang membuat mata teriritasi.

4. Hindari bagian bawah.
Anda bisa mengurangi mata pedas dengan memotong bagian atasnya dulu, kemudian kupas lapisan paling luar. Biarkan bagian akar tetap ada. Karena bagian ujung akar bawang adalah konsentrasi terbesar senyawa sulfur yang bisa membuat mata menangis.

5. Gunakan pelindung mata.
Gunakan kacamata seperti kacamata untuk berenang atau untuk bekerja, untuk melindungi mata Anda dari gas bawang.

(Sumber: BeritaSatu.com)

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar