Rabu, 23 Mei 2012

Tips Membuat Kentang Goreng Yang Renyah Dan Lezat


By on 18.17

Blazer Blog, Food - Kentang goreng atau dalam bahasa Inggrisnya french fries paling enak kalau ditaburi garam dan merica halus. Apalagi dicocol sama saus yang super pedas, dan untuk mendapatkan kentang goreng yang lezat, renyah, dan tidak kecoklatan simak tips berikut.


1. Memilih Kentang 
Jenis kentang sangat  mempengaruhi teksture, rasa dan warna pada kentang goreng. Jika mau membeli kentang sebaiknya pilih kentang yang tinggi pati dan rendah gula. Hindari kentang goreng lemasan yang mengandung lilin, karena lilin membuat kentang goreng jadi tidak renyah.

2. Kentang Segar
Jika menggunakan kentang yang segar sebaiknya pilih kentang yang tidak memar dan kulitnya halus. Jangan membeli kentang yang kulitnya kehijauan akibat terpapar oleh sinar matahari, karena bintik hijau pada kentang mengandung solanin atau racun.

3. Perebusan
Jika beberapa warna kentang kecokelatan saat digoreng, sebaiknya rebus sebentar dalam air mendidih, tiriskan lalu rendam dalam air es (atau sering disebut dengan blansir) kentang tersebut sebelum menggorengnya untuk mengurangi perubahan warna. Proses blansir kentang ini untuk menghilangkan lilin dan gula yang terlarut dalam kentang. Gula inilah yang membuat kentang goreng kecokelatan.  Selain itu air yang mendidih mengurangi enzim polyphenol oxidase atau enzim alami pada kentang dapat menggangu aktivitas enzim dan mencegah timbulnya warna abu-abu.

Dan itulah beberapa tips agar kentang goreng yang dibuat bisa lezat dan renyah.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

1 komentar: