Rabu, 23 Mei 2012

Anak Yang Sering Jajan Perkembangan Otaknya Bisa Terhambat


By on 17.45

Blazer Blog, Kesehatan - Apa waktu kecil anda sering jajan ? jika iya apa, kalian merasa perkembangan otak anda terhambat, atau agak lambat dalam berpikir, mungkin saja itu disebabkan karena anda suka jajan.

Otak anak akan terus berkembang jika asupan protein yang diperlukan tubuhnya dapat dipenuhi. Jajanan anak yang tidak sehat bukannya memberikan asupan protein tetapi malah menghambat perkembangan otak karena zat-zat berbahaya didalamnya.

Ketika bayi, fungsi otak telah terbentuk hingga 42 persen dan akan meningkat hingga 98 persen setelah berusia 6 tahun. Oleh karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk lebih memperhatikan asupan protein anak pada rentang usia tersebut.

"Sebelum usia 6 tahun, anak tidak boleh sampai kekurangan nutrisi apalagi kekurangan AA dan DHA yang penting untuk otak. AA dan DHA adalah jenis asam amino yang dapat diperoleh dari protein yang terkandung dalam ikan dan telur," kata dr. H. Tb. Rachmat Sentika, SpA, MARS, Tim Ahli Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam seminar 'Aku Anak Sehat' oleh Tupperware, Rabu (23/5/2012).

Ikatan Dokter Anak Indonesia melakukan penelitian terhadap beberapa jenis jajanan anak yang dipasarkan di sekitar sekolah, sekitar 68 persen dari sampel yang diperiksa mengandung zat pewarna rhodamin yang seharusnya digunakan untuk pewarna tekstil.

Selain itu, sekitar sepertiga dari gorengan yang dijajakan oleh pedagang di pinggir jalan mengandung polivinil klorida dan zat aditif lainnya yang bertujuan sebagai pengawet dan perasa makanan serta memberi warna yang menarik.

Jika anak terus dibiarkan jajan sembarangan sejak kecil, maka tubuh tidak dapat memenuhi kebutuhan protein yang sehat untuk perkembangan otak.

Source : Health.detik.com

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

2 komentar:

  1. boleh juga informasinya buat saya pelajari, .......

    BalasHapus
  2. sangat bagus artikelnya buat di simak , .......

    BalasHapus