Selasa, 17 April 2012

Jim Yong Kim Terpilih Sebagai Presiden Bank Dunia


By on 09.59

WASHINGTON - Seorang dokter Amerika Serikat keturunan Korea, Jim Yong Kim, akhirnya terpilih menjadi Presiden Bank Dunia, Senin (16/4/2012). Kim merupakan calon yang diajukan Presiden Barack Obama. Ia bersaing ketat dengan calon dari Nigeria, Ngozi Okonjo-Iweala.

Hari Rabu lalu, calon ketiga yang berasal dari Kolombia, yaitu Jose Antonio Ocampo, menarik diri dan menyebut proses pemilihan presiden Bank Dunia itu sebagai "praktek politik."

Dr Kim akan menggantikan Robert Zoellick yang telah memegang jabatan tertinggi di Bank Dunia sejak tahun 2007.

Dewan direktur Bank Dunia memilih Kim, seorang ahli kesehatan AS berusia 52 tahun dan seorang pendidik, ketimbang Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala, yang berargumentasi bahwa pemberi pinjaman besar itu perlu reorientasi di bawah seseorang dari dunia berkembang.

Direksi Bank Dunia menyatakan "penghargaan yang mendalam" untuk Kim, Okonjo-Iweala dan Jose Antonio Ocampo. "Mereka, para kandidat memperkaya diskusi tentang peran presiden dan arah masa depan Kelompok Bank Dunia," kata Bank Dunia dalam sebuah pernyataan. "Para nominator akhir mendapat dukungan dari negara anggota yang berbeda, yang mencerminkan kaliber tinggi dari calon."

Berdasarkan konvensi, Amerika Serikat selalu memegang jabatan di Bank Dunia ini sejak dibentuk tahun 1944. Jabatan untuk organisasi dunia lain, Dana Moneter Internasional, juga selalu dipegang warga Eropa. Namun sejumlah negara terus menekan agar proses pemilihan ini lebih terbuka.

Presiden Bank Dunia berikutnya akan mengawasi staf yang terdiri dari sekitar 9.000 ekonom dan pakar pembangunan di seluruh dunia dengan jumlah pinjaman portofolio tahun lalu mencapai 258 miliar dollar AS tahun lalu.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar