Kamis, 29 Maret 2012

BBM Belum Naik, Harga Sembako Sudah Naik


By on 20.36

BBM Belum Naik, Harga Sembako Sudah Naik - Sampai saat ini pembahasan kenaikan harga BBM belum selsai di DPR meskipun rencananya akan di naikan Rp 6.000 pada tanggal 1 April nanti, namun belum naik harga BBM tapi sembako sudah naik.

Anggita komisi IV DPR RI Rofi Munawar kini mengatakan beberapa sembako merambat naik dari berbagai daerah menjelang kenaikan BBM. Kenaikan yang terjadi rata-rata hampir 30-50 persen.

Sebelumnya Menteri Perekonomian Hatta Rajasa kenaikan harga sembako di berbagai daerah tak terkait spekulasi kenaikan harga BBM. Rofi mengatakan, di Pasar Rawa Badak, Jakarta Utara, harga beras dan cabai mulai merangkak. Beras Rojolele, misalnya kini per kilo dijual Rp 10 ribu. Sejak sebulan lalu, harganya terus merangkak dari Rp 7.500. Begitupula beras jenis lain, rata-rata juga mengalami kenaikan antara 20% hingga 30%.

Sementara di Pasar Kreo, Tangerang, harga cabai mengalami kenaikan mencapai lebih dari 50%. Selain itu harga bawang merah dan putih juga turut mengalami kenaikan. Harga bawang putih saat ini mencapai Rp 20.000 per kg naik sekitar Rp 4.000 dari dua minggu sebelumnya.

"Pengalaman selalu mengajarkan kepada kita menjelang hari raya maupun rencana kenaikan BBM bahwa dipastikan diikuti, dibarengi, bahkan didahului oleh kenaikan harga sembako. Harga bahan pokok seringkali naik tidak hanya ditentukan oleh alur distribusi dan mekanisme transaksi ekonomi semata. Namun juga kondisi psikologi dan sosial," tutur Rofi.

Pemerintah selain perlu mengontrol alur distribusi dan tata niaga bahan pokok, seharusnya mampu memastikan tingkat kepercayaan masyarakat terjaga dengan baik.
Jika dibiarkan terus menerus akan banyak sekali spekulan yang memanfaatkan kondisi keresahan konsumen dengan menimbun pangan pokok untuk meraih keuntungan dan di sisi lain menaikan harga kepada konsumen.

"Pemerintah tidak boleh menutup mata atas kondisi kenaikan ini, harus bergerak cepat dan antisipatif," tegas Rofi.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya memprediksi inflasi akan naik 3% jika harga BBM subsidi dinaikkan. Sedangkan, Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengatakan laju inflasi pada akhir tahun ini bisa mencapai 6,8%, apabila BBM dinaikkan Rp 1.500 per liter dan kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) 10% jadi diberlakukan.

Sumber : http://finance.detik.com/read/2012/03/26/181738/1876931/4/waduh-bbm-belum-naik-harga-sembako-sudah-liar

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

1 komentar:

  1. Harga sembako dan lain-lainnya sudah naik sejak sepekan ini. Dengan tidak jadinya naik harga BBM sampai 6 bulan kedepan, harga sembako juga HARUS diturunkan ke harga semula. Belum apa2 kok sudah naik duluan.. Kalau dalam 6 bulan ini harga BBM naik, apakah harga2 sembako juga akan naik lagi? Rakyat dirugikan oleh permainan pemerintah dan distributors. Sangat susah untuk menjadi warga Indonesia di negaranya sendiri.

    BalasHapus